Tentang ES-AIPI

Evidence Summit on Reducing Maternal and Neonatal Mortality in Indonesia dilakukan untuk mendukung pemerintah Indonesia serta pemangku kepentingan pendidikan dan pelayanan kesehatan dalam mengatasi persoalan kematian ibu dan bayi. Kegiatan ini  merupakan tindak lanjut dari kajian bersama Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI) dan US National Academy of Science pada 2013 yang menemukan bahwa Indonesia kekurangan data dan informasi yang valid tentang kematian ibu dan bayi selama beberapa dekade. Evidence Summit dilakukan sejak Juni 2016 hingga Desember 2017 oleh AIPI dengan dukungan dari United States Agency for International Development (USAID).

Evidence Summit akan menghasilkan produk berupa Bibliography of Evidence yang dapat diakses secara online oleh berbagai pihak, dan rekomendasi dari tiap topik area untuk dibahas lebih lanjut pada forum nasional dengan para pemangku kepentingan. Hasil Evidence Summit diharapkan dapat mendukung perumusan pembaharuan kebijakan kesehatan tentang untuk mengatasi masalah kematian ibu dan bayi baru lahir di Indonesia dengan pendekatan berbasis bukti (evidence-based health policy).

Apa tantangan yang dihadapi dalam mengatasi masalah kematian ibu dan bayi? 

  • Hasil penelitian dan praktik baik sulit diakses karena tidak dipublikasikan
  • Tidak ada pusat informasi terpadu tentang kematian ibu dan bayi (penyebab, upaya intervensi, metode pemecahan masalah)
  • Data dan informasi yang tersedia belum terjamin validitasnya, sehingga belum bisa menjadi referensi untuk menyusun kebijakan yang tepat sasaran dan efektif.
  • Belum adanya ruang untuk berkolaborasi antara akademisi, peneliti, praktisi, dan pemangku kebijakan dalam menggali akar permasalahan dan merumuskan kebijakan.

Apa yang dilakukan oleh Evidence Summit on Reducing Maternal and Neonatal Mortality in Indonesia?

  1. Mengumpulkan seluruh bukti yang relevan dengan faktor penentu angka kematian ibu dan bayi, pendekatan untuk intervensi penyelamatan, serta penelitian terkait.
  2. Mengelola, merangkum, dan mensintesis bukti-bukti agar dapat memberikan pandangan yang jelas dalam menentukan langkah prioritas yang perlu dilakukan.  
  3. Membangun konsensus di antara para pemangku kepentingan dalam menetapkan bukti yang valid, menginterpretasikannya, dan menentukan prioritas rencana aksi dalam mengatasi masalah kematian ibu dan bayi baru lahir. 

Bagaimana cara untuk berkontribusi?

  1. Berpartisipasi dalam Call for Evidence, dengan mengirimkan hasil penelitian dan praktik baik yang telah melalui proses peer review.
  2. Berpartisipasi dalam kegiatan yang dilakukan oleh tim Evidence Summit on Reducing Maternal & Neonatal Mortality seperti Pre-Summit (Maret 2017) dan Summit (Oktober 2017)

Proses kerja

  1. Pengumpulan data melalui call for evidence dan pelaksanaan systematic review dari artikel dan penelitian yang terkait dengan kesehatan ibu dan anak di Indonesia telah dilakukan selama Juni 2016-Maret 2017 pada ES Fase 1 (Juni 2016-Maret 2017). 
  2. Kajian lapangan dengan metode diskusi kelompok dan wawancara untuk memverifikasi dan mengkonfirmasi temuan dari systematic review serta menggali praktik baik program di berbagai daerah dilakukan pada fase II (April-Desember 2017) 
  3. Acara puncak Evidence Summit akan diselenggarakan pada Oktober 2017 dan akan menghasilkan 2 output utama, yaitu Bibliography of Evidence yang dapat diakses secara online oleh berbagai pihak, dan rekomendasi dari tiap topik area untuk dibahas lebih lanjut pada forum nasional konsultasi stakeholders.