Blog

Memetakan Masalah dan Rekomendasi Kebijakan untuk Mengatasi Persoalaan Kematian Ibu dan Bayi Baru Lahir di Indonesia

Kegiatan “Dialog Pengembangan Kebijakan Penurunan Kematian Ibu dan Bayi Baru Lahir di Indonesia: Penggunaan Bukti dan Informasi, serta Pelibatan Pemangku Kepentingan” diselenggarakan di kantor Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI), Jakarta, pada 4-5 Oktober 2017. Selama dua hari, tim peneliti Evidence Summit berkolaborasi dengan para pemangku kepentingan dari berbagai institusi serta tim ahli internasional dalam memetakan masalah (problem framing) dan menyusun rekomendasi kebijakan berdasarkan informasi-bukti (evidence-informed policy making), untuk mengatasi persoalan kematian ibu dan bayi baru lahir di Indonesia.

Pemetaan masalah beserta rekomendasi kebijakan disusun berdasarkan 6 area kajian atau topic area (TA). Berikut hasil pemetaan masalah beserta rekomendasi* kebijakan yang dihasilkan dari diskusi tersebut:

Draf Hasil Dialog TA 1
Draf Hasil Dialog TA 2
Draf Hasil Dialog TA 3
Draf Hasil Dialog TA 4
Draf Hasil Dialog TA 5
Draf Hasil Dialog TA 6

*Rekomendasi yang dihasilkan oleh para pemangku kepentingan pada acara “Dialog Pengembangan Kebijakan Penurunan Kematian Ibu dan Bayi Baru Lahir di Indonesia: Penggunaan Bukti dan Informasi, serta Pelibatan Pemangku Kepentingan” ini masih memerlukan kajian lebih lanjut. Pada awal 2018 mendatang akan dihasilkan solusi potensial serta rekomendasi kebijakan yang lebih kuat berdasarkan pendekatan informasi-bukti (evidence-informed policy making).

 

This article is currently available in Indonesian.