Catatan Konsep

Indonesia saat ini menghadapi tantangan besar dalam bidang kesehatan, khususnya status kesehatan ibu dan anak yang belum membaik secara signifikan, meskipun cakupan pelayanan kesehatan maternal membaik. Berdasarkan data MDGs tahun 2014, setiap hari ada lebih dari 40 ibu di Indonesia yang meninggal karena melahirkan. atau sekitar 305 kasus kematian ibu per 100.000 kelahiran hidup. Padahal capaian MDGs tahun 2015, sekitar 80 % ibu di Indonesia telah menerima 4 kali konsultasi antenatal, dan sekitar 80 % proses kelahiran ditangani oleh tenaga kesehatan yang profesional)

Untuk itu, pada tahun 2013, Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI) bersama dengan National Research Council of the National Academies menyusun Study Report of the Joint Committee on Reducing Maternal and Neonatal Mortality in Indonesia. Temuan utama dari kajian ini adalah kurangnya kepastian data dan informasi yang valid, untuk dapat membuktikan apa yang sebenarnya terjadi di Indonesia pada beberapa dekade.

Berbasis temuan tersebut, dalam upaya mendukung pemerintah Indonesia dan pemangku kepentingan dalam pendidikan dan pelayanan kesehatan, AIPI bersama dengan USAID mengimplementasikan “Evidence Summit on
Reducing Maternal and Neonatal Mortality in Indonesia” mulai Juli 2016 hingga Maret 2017 (Fase I) dan April hingga Desember 2017 (Fase II). Detail penjelasan mengenai konsep Evidence Summit dapat dilihat pada catatan konsep (concept notes) berikut:

Concept Notes ES Phase-I

Concept Notes ES Phase-II